pertemuan 1
PENGENALAN GRAFIKA KOMPUTER
Menurut Suyoto (2003), grafika komputer (Computer Graphic) dapat diartikan sebagai seperangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membuat gambar, grafik atau citra realistik untuk seni, game komputer, foto dan film animasi.
Sistem grafika komputer dapat dijalankan dengan komputer pribadi (Personal Computer) atau workstation
Sejarah Grafika Komputer Perkembangan grafika komputer secara sederhana dapat dibagi menjadi empat fase,yaitu :
1. Fase Pertama (1950) era grafika komputer interaktif Tidak begitu cepat karena teknologi, jumlah dan harga komputer tidak mendukung. MIT berhasil mengembangkan komputer whirlwind dengan tabung sinar katode (Cathode Ray Tube-CRT).
2. Fase Kedua (1960) Jaman Penelitian/Riset Grafika Komputer Interaktif
• Grafika interaktif modern telah ditemukan oleh Ivan Sutherland • Mengembangkan teknik interaktif dengan sarana keyboard dan pena cahaya. • Sejumlah projek penelitian dan produk Computer Aided • Design/Manufacturing.
3. Fase Ketiga (1970) Grafika komputer interaktif telah digunakan oleh sektor industri, pemerintah dan ilmuawan untuk memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan mudah.
4. Fase Keempat (1980-1990) . Penelitian pada dekade ini bertumpu pada penggabungan dan pengotomasasian pelbagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modelling).
*Grafika Komputer
Merupakan cabang ilmu komputer yang membahas algorithma untuk menampilkan simulasi (benda). Grafika komputer tidak sama dengan pemrosesan citra (image processing) Mata kuliah grafika komputer tidak membahas software komersial seperti adobe photoshop, corel draw dan sebagainya. Mata kuliah grafika komputer juga tidak membahas tentang grafik bisnis, seperti diagram pie, diagram garis dan sebagainya.
*Bidang Grafika Komputer
Mencakup area/ bidang : Film (spesial effects) Industri : CAD (computer aided design) Automated machining Visualisasi : data ilmiah hasil medik (scanning,X-Ray, MRI) Permainan Komputer Distribusi Online
Tema Grafika Komputer
Tiga tema utama dalam grafika komputer :
- Modeling Bagaimana kita merepresentasikan (= memodelkan) objek 3 Dimensi dan Bagaimana kita dapat membuat model dari objek-objek tertentu .
- Animation Bagaimana kita merepresentasikan gerakan sebuah objek dan Bagaimana kita dapat memberikan kendali kepada pembuat animasi (animator) dalam pembuatan animasi
- Rendering Bagaimana kita mensimulasikan formasi gambar dan Bagaimana kita dapat mensimulasikan cahaya seperti pada dunia nyata.
*Modelling
Representasi objek / lingkungan shape — geometri dari sebuah objek appearance — emission, reflection, and transmission of light dan Bagaimana kita dapat membuat model-model tersebut ? deskripsimanual (misal : menuliskan rumus) , manipulasi secara interaktif , menggunakan prosedur / program , melakukan pemindaian (scanning) dari objek riil
*Animasi
Bagaimana caranya kita menampilkan gerakan objek posisi, sudut dan sebagainya sebagai fungsi dari waktu Bagaimana caranya kita mengendailkan gerakan membuat gerakan menggunakan tangan, mengisi keyframe simulasi perilaku (membat program yang berfungsi sebagai "otak" dari sebuah objek) simulasi fisika menangkap gerakan
*Rendering Rendering merupakan sebuah proses untuk menghasilkan sebuah citra 2D dari data 3D. Proses ini bertujuan untuk memberikan nuansa realistis (nyata) kepada model-model geometris sehingga memiliki sifat/ keadaan yang menyerupai sebenarnya.
Gambar yang dibuat melalui proses rendering digital adalah gambar digital atau raster image. Gambar digital tersebut dibuat melalui proses rendering digital sebagai langkah besar terakhir sebelum disusun menjadi animasi.
dan Bagaimana caranya kita meniru dunia nyata ? cahaya yang datang difokuskan oleh lensa energi cahaya mempengaruhi film representasi gambar sebagai titik-titik / pixels (x,y) membutuhkan representasi dari kamera Bagaimana caranya kita meniru perilaku cahaya? cahaya dianggap sebagai photon (partikel cahaya) menangkap gerak lurus dari photon membuat model interaksi antara cahaya dengan permukaan benda
*Tahapan Rendering
Field of View pada kamera
Cahaya Sumber cahaya pada grafika 3D merupakan sebuah objek yang penting, karena dengan cahaya ini sebuah world dapat terlihat dan dapat dilakukan proses rendering. Sumber cahaya ini juga membuat sebuah world menjadi lebih realistis dengan adanya bayangan dari objek-objek 3D yang ada. Pada grafika 3D terdapat beberapa sumber cahaya: Point light Memancar ke segala arah Spot light Memancarkan cahaya ke daerah tertentu dalam bentuk kerucut.
Ambient light Cahaya latar/alam. Cahaya latar tersebut dimodelkan mengikuti apa yang terjadi di alam, dalam keadaan tanpa sumber cahaya sekalipun, benda masih dapat dilihat. Directional light Memancarkan cahaya dengan intensitas sama ke suatu arah tertentur .
Komentar
Posting Komentar