pertemuan 9
ALGORITHMA LINGKARAN
* Menggambar lingkaran dapat menggunakan rumus :
- sin dan cosinus
- Algorithma Bresenham
* Pemakaian sinus dan cosinus membutuhkan memori karena melibatkan angka pecahan serta komputasi yang rumit dalam menentukan nilai sinus dan cosinus
ALGORITHMA LINGKARAN
apabila α dari 0o s/d 359o maka kita akan memperoleh koordinat titik-titik yang membentuk sebuah lingkaran
*BRESENHAM’S CIRCLE
- Algorithma lingkaran bresenham melibatkan angka integer dan tidak membutuhkan pembagian.
- Algorithma yang disajikan berikut ini hanya membahas pada kuadran I yaitu pada x ≥ 0 dan y ≥ 0
Ada 3 pilihan titik dari (xi,yi), yaitu :H,V, dan D.
Jarak antara H,V dan D terhadap lingkaran sesungguhnya dirumuskan sebagai : mH=| (x1+1)2+(y1)2 – R2 | mD=| (x1+1)2+(y1-1)2 – R2 | mV=| (x1)2+(y1-1)2 – R2 |
Titik yang dipilih adalah nilai paling kecil diantara mH,mD dan mV
Lingkaran yang diinginkan
Algorithma Lingkaran Bresenham :
Δi=(xi+1)2+(yi-1)2-R2
Δi < 0 maka
α=mH - mD (kasus 1 dan 2)
bila α ≤ 0 maka pilih mH
bila α > 0 maka pilih mD
Δi > 0 maka (kasus 3 dan 4)
β = mD – mV
bila β ≤ 0 maka pilih mD
bila β > 0 maka pilih mV
Δi = 0 maka pilih mD (kasus 5)
Komentar
Posting Komentar