pertemuan 5

SISTEM KOORDINAT
* Sistem Koordinat
 Ada dua macam sistem koordinat 
-Cartesian  Polar
- Sistem Koordinat Polar

  Sistem Koordinat Cartesian menggunakan pasangan (x,y) untuk menyatakan lokasi sebuah benda di bidang (2D) dan pasangan (x,y,z) untuk lokasi di ruang (3D),Sistem Koordinat juga dapat dibagi menjadi dua macam bergantung kepada situasi : * World Coordinate (wc) dan * Sistem Koordinate untuk menyatakan lokasi benda di “dunia”  Screen Coordinate (sc)  Sistem Koordinat untuk menyatakan lokasi titik di layar.

* World Coordinate
 World Coordinate mempunyai batas -~ sampai dengan +~ untuk sumbu x dan y  Apabila area yang dilihat pada world coordinat dibatasi pada area tertentu maka area tersebut dinamakan window.

* Screen Coordinate
- Screen Coordinate menggunakan orientasi sumbu y yang berbeda dengan World Coordinate.
- Screen Coordinate hanya menggunakan nilai positif untuk sumbu x dan y dan titik (0,0) terletak di pojok kiri atas.
- Batas maksimal pada sumbu x = Xmax dan batas maksimal pada sumbu y = Ymax

Screen Coordinate
- Perbedaan orientasi tersebut menyebabkan gambar di World menjadi tampak terbalik di screen
- Area yang digunakan untuk menampilkan gambar di layar disebut sebagai viewport.

Transformasi wc -> sc
- Agar gambar di screen tampak sama dengan di world maka perlu dilakukan transformasi koordinat.

- Dengan demikian setiap titik di wc dapat diketahui lokasinya di sc sebagai : xsc = xwc ysc = ymax – ywc

- Rumus (1) tidak dapat mengatasi persoalan :  Pemakaian window dan viewport. & Nilai negatif dari koordinat wc.

Transformasi wc -> sc

Komentar

Postingan Populer